Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serigala, Lalat dan Laba-laba pun Tidak Kalah Cerdik

Kecerdikan yang mengagumkan pada hewan juga dimiliki serigala. Ketika lapar dan tidak mendapati seekor buruan, dia pura-pura mati. Dia menggembungkan perutnya sehingga burung mengiranya mati lalu turun untuk makan bangkainya. Saat itulah ia menerkamnya.

Kecerdasan yang menakjubkan juga ada pada lalat besar yang dinamai singa lalat. Anda lihat, ketika dia merasa ada lalat berada di dekatnya, dia diam tak bergerak seperti mati. Apabila lalat tadi dilihatnya telah tenang dan tidak mewaspadainya, dia merayap sangat hati-hati sampai berada pada posisi dia bisa menjangkaunya, lalu dia melompat dan menyergapnya.

Di antara kecanggihan tipu daya laba-laba, dia membuat jaring sebagai perangkap mangsanya, dan dia bersembunyi di tengahnya. Apabila ada nyamuk atau lalat yang terjerat, dia melompat dan menghisap darahnya. Hewan ini mengikuti cara berburu dengan jaring dan perangkap, sedang yang pertama (singa lalat) mengikuti cara berburu anjing dan macan.

Janganlah Anda meremehkan pelajaran dari sesuatu yang hina semisal biji sawi dan nyamuk. Sebab, suatu makna yang berharga dapat diambil dari sesuatu yang hina. Meremehkan pelajaran dari sesuatu yang hina adalah warisan dari orang-orang yang akal mereka tidak bisa menerima kenapa Allah SWT membuat perumpamaan dengan lalat, laba-laba, anjing, keledai, sehingga Allah SWT menurunkan firman-Nya,

"Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. "(al-Baqarah: 26)

Alangkah banyak hikmah yang terkandung pada diri hewan-hewan yang engkau remehkan dan engkau hinakan ini. Berapa banyak dalil yang terkandung di dalamnya yang menyatakan tentang Sang Pencipta, juga mengenai kasih sayang dan hikmah-Nya. Tanyailah orang yang ingkar, siapa yang mengilhami hewan-hewan itu untuk membuat tipu daya, dan bertindak secara halus untuk menangkap mangsanya yang dijadikan sebagai makanannya? Siapa yang memberinya kecerdikan ini sebagai ganti dari kekuatan dan kemampuan yang tidak dipunyainya, sehingga dengan kecerdikan itu, dia dapat hidup meski tak memiliki kekuatan? Tiada yang melakukannya, selain Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Pemberitahu.

Posting Komentar untuk "Serigala, Lalat dan Laba-laba pun Tidak Kalah Cerdik"